Pelajari lebih dalam online marketing
Online marketing atau pemasaran online adalah segala aktivitas usaha untuk memasarkan produk atau jasa melalui media internet dan social media,seoring berjalanya waktu,online marketing sering di manfaatkan sebagai langkah awal untuk membangun reputasi sebuah usaha.
Banyak yang menggunakan online marketing sebagai strategi untuk memperkenalkan nama mereka ke publik.
Dalam menggunakan online marketing,
Suatu perusahaan dapat membangun reputasinya dengan menjadi aktif di social media. Banyak calon konsumen yang menggunakan internet untuk mencari informasi.
Dan dengan medium internet, sebuah perusahaan dapat memperkenalkan nama mereka kepada publik dan mendorong konsumen untuk mencari informasi lebih lanjut tentang perusahaan tersebut.
ada berbagai srategi yang bisa anda lakukan dalam online marketing . tetapi yang perlu di perhatikan adalah cara cara untuk memasarkan bisnis anda dalam online marketing berbeda dengan dengan advertising. strategi online marketing lebih fokus dalam memperomosikan nama bisnis anda secara halus agar tidak terlihat seperti sedang mengiklankan bisnis anda.
baca juga : cara ampuh pelanggan cepat transfer
karena kebanyakan online marketing bersifat personal dan sering di sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhab konsumen,strategi ini sendiri juga sering di gunakan untuk membangun hubungan dan koneksi antara sebuah bisnis dengan konsumen mereka.
Strategi Online Marketing
fokus kepada konsumen
marketing selalu di mulai dengan konsumen,dalam bisnis apapun,konsumen harus selalu menjadi prioritas.anda harus bisa memastikan bahwa anda mengetahui apa yang konsumen inginkan.
anda bisa memulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada konsumen anda seputar bagaimana bisa menemukan brand anda.selain itu,anda juga bisa membuat buyer pesona.
secara singkat,buyer pesona adalah karakter yang anda bayangkan atau bayangkanlah konsumen ideal anda.
untuk membuat buyer pesona,anda bisa memulai dengan memikirkan umur,pendidikan,pekerjaan,dan lain sebagainya.
selain mengetahui konsumen sendiri,anda juga perlu mempelajari bagaimana mereka membuat keputusan untuk membeli dari bisnis anda.
beberapa pertanyaan mungkin bisa anda ajukan untuk lebih memahami pola pikir mereka dalam mengambil keputusan
seperti pertanyaan berikut :
1."bagaimana mereka pertama kali menemukan produk anda ?"
2."apa yang membuat mereka ingin menjadi konsumen anda?
3."bagaimana cara konsumen/pembeli memutuskan apakah mereka
akan membeli suatu barang ?"
dengan mengajukan beberapa pertanyaan dia atas,anda bisa lebih memahami bagaimana seorang pembeli menjadi tertarik dan memutuskan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.
Ikuti Conversion Funnel
jika nada sudah memahami pola pikir konsumen,anda mebuat sebuah diagram yang di sebut conversion funnel yang merupakan salah satu konsep penting dalam online marketing.bentuk funne sendiri itu berbeda beda,tergantung dengan kebutuhan.
Conversion Fannel sendiri penegembangan dari AIDA model atau juga di kenal sebagai purchase funnel,yang merupakan bagian dari marketing tradisional.
AIDA sendiri adalah singaktan dari beberapa kata
A ttention
I nterest
D esire
A ction
Awareness-konsumen menyadari dan mengetahui adanya suatu jenis produk atau jasa
Interest-konsumen mulai menunjukan kertarikan kepada produk atau jasa tersebut.
Desire-konsumen memiliki keinginan untuk membeli produk atau jasa tersebut
Action-konsumen mengambil langkah selanjutnya untuk membeli produk dan membayarnya
dari model AIDA di atas barulah conversion funnel ini terbentuk untuk online marketing.conversion funnel memiliki bentuk yang berbeda beda,tergantung dengan keperluan sebuah perusahaan.
salah satu contoh dari conversion funnel adalah
Awareness-Consideration-Conversion-Loyalty-Advocacy
Awareness-pada tahap awal,konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk atau jasa.
Consideration-di tahap ini,konsumen menunjukkan ketertarikan kepada produk dan jasa yang di tawarkan.
Conversion-ini meruakan tahap yanng penting dimana konsumen yang tadinya hanyalah calon konsumen atau yang sering di sebut potential consumer akhirnya membeli dari produk kita.
Loyalty-di tahap in konsumen di harapkan menjadi pelanggan setia dari bisnis anda seterusnya.
Advocacy-pada tahap ini konsumen di harapkan memberi tau orang lain mengenai produk atau jasa anda sehingga,semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli dari anda.
dapat kita simpulkan kedua funnel dia atas mempunyai tujuan yang sama yaitu :
1.mengenalkan produk anda kepada konsumen sebanyak mungkin
2.membangun ketertarikan bagi calon konsumen.
3.memberikan informasi kepada calon konsumen agar mereka
memiliki keinginan kuat untuk membeli produk atau jasa anda.
4.calon konsumen pun akhirnya menjadi konsumen anda dan
membeli produk dan jasa anda.
dengan memilih conversion funnel, anda dapat menyusun strategi online marketing anda dengan lebih baik dan matang.
Social Media Marketing
yang di maksud dengan social media marketing bukanlah dengan mempunyai halaman facebook atau akun twitter.
tapi dalam socila media marketing di perlukan yang namanya strategi untuk memasarkan bisnis anda dengan menggunakn social media.
hal pertama yang anda harus lakukan adalah melihat ke social media apa yang banyak di gunakan oleh konsumen anda.
dengan begitu,anda bisa memilih social media yang tepat untuk memasarkan bisnis anda.
untuk socila media marketing,anda juga perlu menggunakan analytict tools untuk membantu anda memantau statistic social media anda. berdasarkan hasil analisa,anda juga bisa terus mengoptimasi dan memperbaiki strategi social media marketing anda.
hal penting yang harus di perhatikan adalah manfaatkan visual di media social. jarang orang yang mau membaca banyak text,
terutama di platform seperti intagram,dan twitter.
ingat bahwa kebayakan orang menggunkan social media untuk terhubung dengna teman temanya,mencari photo,dan mencari hal hal entertaining lainya.
dan pastikan konten social media anda entertaining dan terintegrasi dengan konten anda yang lain,seperti blog dan video. jika di gabungkan,mereka bisa meningkatkan traffic
salah satu keuntungan dari menggunakan social media adalah social media memperbolehkan kita berinteraksi langsung dengan konsumen anda.
pastikan post anda di social media dapat membuat konsumen dan followers anda terlibat.
ada berbagai srategi yang bisa anda lakukan dalam online marketing . tetapi yang perlu di perhatikan adalah cara cara untuk memasarkan bisnis anda dalam online marketing berbeda dengan dengan advertising. strategi online marketing lebih fokus dalam memperomosikan nama bisnis anda secara halus agar tidak terlihat seperti sedang mengiklankan bisnis anda.
baca juga : cara ampuh pelanggan cepat transfer
karena kebanyakan online marketing bersifat personal dan sering di sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhab konsumen,strategi ini sendiri juga sering di gunakan untuk membangun hubungan dan koneksi antara sebuah bisnis dengan konsumen mereka.
Strategi Online Marketing
fokus kepada konsumen
marketing selalu di mulai dengan konsumen,dalam bisnis apapun,konsumen harus selalu menjadi prioritas.anda harus bisa memastikan bahwa anda mengetahui apa yang konsumen inginkan.
anda bisa memulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada konsumen anda seputar bagaimana bisa menemukan brand anda.selain itu,anda juga bisa membuat buyer pesona.
secara singkat,buyer pesona adalah karakter yang anda bayangkan atau bayangkanlah konsumen ideal anda.
untuk membuat buyer pesona,anda bisa memulai dengan memikirkan umur,pendidikan,pekerjaan,dan lain sebagainya.
selain mengetahui konsumen sendiri,anda juga perlu mempelajari bagaimana mereka membuat keputusan untuk membeli dari bisnis anda.
beberapa pertanyaan mungkin bisa anda ajukan untuk lebih memahami pola pikir mereka dalam mengambil keputusan
seperti pertanyaan berikut :
1."bagaimana mereka pertama kali menemukan produk anda ?"
2."apa yang membuat mereka ingin menjadi konsumen anda?
3."bagaimana cara konsumen/pembeli memutuskan apakah mereka
akan membeli suatu barang ?"
dengan mengajukan beberapa pertanyaan dia atas,anda bisa lebih memahami bagaimana seorang pembeli menjadi tertarik dan memutuskan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan.
Ikuti Conversion Funnel
jika nada sudah memahami pola pikir konsumen,anda mebuat sebuah diagram yang di sebut conversion funnel yang merupakan salah satu konsep penting dalam online marketing.bentuk funne sendiri itu berbeda beda,tergantung dengan kebutuhan.
Conversion Fannel sendiri penegembangan dari AIDA model atau juga di kenal sebagai purchase funnel,yang merupakan bagian dari marketing tradisional.
AIDA sendiri adalah singaktan dari beberapa kata
A ttention
I nterest
D esire
A ction
Awareness-konsumen menyadari dan mengetahui adanya suatu jenis produk atau jasa
Interest-konsumen mulai menunjukan kertarikan kepada produk atau jasa tersebut.
Desire-konsumen memiliki keinginan untuk membeli produk atau jasa tersebut
Action-konsumen mengambil langkah selanjutnya untuk membeli produk dan membayarnya
dari model AIDA di atas barulah conversion funnel ini terbentuk untuk online marketing.conversion funnel memiliki bentuk yang berbeda beda,tergantung dengan keperluan sebuah perusahaan.
salah satu contoh dari conversion funnel adalah
Awareness-Consideration-Conversion-Loyalty-Advocacy
Awareness-pada tahap awal,konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk atau jasa.
Consideration-di tahap ini,konsumen menunjukkan ketertarikan kepada produk dan jasa yang di tawarkan.
Conversion-ini meruakan tahap yanng penting dimana konsumen yang tadinya hanyalah calon konsumen atau yang sering di sebut potential consumer akhirnya membeli dari produk kita.
Loyalty-di tahap in konsumen di harapkan menjadi pelanggan setia dari bisnis anda seterusnya.
Advocacy-pada tahap ini konsumen di harapkan memberi tau orang lain mengenai produk atau jasa anda sehingga,semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli dari anda.
dapat kita simpulkan kedua funnel dia atas mempunyai tujuan yang sama yaitu :
1.mengenalkan produk anda kepada konsumen sebanyak mungkin
2.membangun ketertarikan bagi calon konsumen.
3.memberikan informasi kepada calon konsumen agar mereka
memiliki keinginan kuat untuk membeli produk atau jasa anda.
4.calon konsumen pun akhirnya menjadi konsumen anda dan
membeli produk dan jasa anda.
dengan memilih conversion funnel, anda dapat menyusun strategi online marketing anda dengan lebih baik dan matang.
Social Media Marketing
yang di maksud dengan social media marketing bukanlah dengan mempunyai halaman facebook atau akun twitter.
tapi dalam socila media marketing di perlukan yang namanya strategi untuk memasarkan bisnis anda dengan menggunakn social media.
hal pertama yang anda harus lakukan adalah melihat ke social media apa yang banyak di gunakan oleh konsumen anda.
dengan begitu,anda bisa memilih social media yang tepat untuk memasarkan bisnis anda.
untuk socila media marketing,anda juga perlu menggunakan analytict tools untuk membantu anda memantau statistic social media anda. berdasarkan hasil analisa,anda juga bisa terus mengoptimasi dan memperbaiki strategi social media marketing anda.
hal penting yang harus di perhatikan adalah manfaatkan visual di media social. jarang orang yang mau membaca banyak text,
terutama di platform seperti intagram,dan twitter.
ingat bahwa kebayakan orang menggunkan social media untuk terhubung dengna teman temanya,mencari photo,dan mencari hal hal entertaining lainya.
dan pastikan konten social media anda entertaining dan terintegrasi dengan konten anda yang lain,seperti blog dan video. jika di gabungkan,mereka bisa meningkatkan traffic
salah satu keuntungan dari menggunakan social media adalah social media memperbolehkan kita berinteraksi langsung dengan konsumen anda.
pastikan post anda di social media dapat membuat konsumen dan followers anda terlibat.
Belum ada Komentar untuk "Pelajari lebih dalam online marketing"
Posting Komentar