Content marketing

halo semuanya........
pada artikel kali ini anda akan berkenalan dengan yang namanya bagian terpenting dalam setiap strategi SEO :

pemasaran konten/content marketing 

SEO dan konten marketing saat ini seperti dua sisi dalam dua buah koin 
kalau dulu , kesalahan yang sering tejadi seorang kontent marketer tidak memperhatikan SEO.demkian pula dengan seorang praktisi SEO ,tidak memperhatikan konten.

dan akhirnya kedua belah pihak sama sama menganggap itu percuma.
Akibatnya proses pengembangan website tidak kaan berjalan maksimal
strategi konten marketing yang tepat dan di bantu optimasi meisn pencari adalah kunci sukses dari website dan bisnis online anda.

bahkan hampir semua bentuk pemasaran online yang mengandalkan SEO akan bergantung pada konten
dan pastinya..... setelah anda membaca artikel ini anda sebagai praktisi SEO  akan memiliki mindset yang sama halnya dengan seorang contenct marketer.

apa itu content marketing ?

content marketing adalah usaha usaha pemasaran yang di lakukan dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat untuk orang lain dengan tujuan agar mereka mengenal bisnis/usaha anda.

meskipun istila ini baru di kenal di tahun 2011 -2012, tapi prakteknya sudah lama.



dan ini contoh penerapanya :

sebuah produk suplemen fitness menerbitkan  konten konten yang berisi pola latihan dan pola mkan untuk pengembangan otot. dengan demikian orang yang mencari informasi tentang konten tadi akan tiba ke website penjualan produk suplemenya.

dari sini mungkin anda dapat melihat sedikit hubunganya.

seorang konten marketer membutuhkan pengetahuan SEO supaya kontennya bisa mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari... karena google merupakan sumber trafik yang tebesar.

lalu bagaimana dengan sebaliknya ?


SEO modern adalah content marketing +SEO 

Sejak zaman dulu orang orang yang antusias dengan yang namanya SEO selalu berysah bagaimna mencari celah celah bagaimana websitenya bisa mendapatkan perinngkat yang tinggi di google.
entah itu dengan mempermainkan keyword,backlink,maupun social signal.

istilah istilah di atas telah di bahas di artikel lainya 
Tetapi kunci dari SEO untuk sekarang dan masa depan, bisa kita bongkar dengan cara melihat apa yang sebenarnya semua pihak di dalamnya inginkan.

ada 3 pihak yang penting dalam SEO yaitu : pengguana,website dan google.

seperti ini contohnya 

pengguna : "saya ingin mencari informasi terbaik mengenai ABCD"
website : "kami ingin mendapatkan peringkat teratas untuk ABCD"
google : "kami akan menyediakan informasi terbaik mengenai ABCD"

pengguna ingin mendapatkan informasi terbaik secepat mungkin 
dan untuk memuaskan pengguna google akan menampilkan website yang terbaik dan akan menetapkanya di posisi atas.

dengan demikian maka dengan mendapatkan posisi di atas yang perlu anda lakukan menyediakn informasi yang terbaik dan dapat memiaskn pengunjung.
karena itulah konten sangat memegang peranan terpenting.
konten yang baik = informasi yang berkualitas 

jadi.dapat kita simpulkan dalam digital marketing posisi SEO dan content marketing saling berhubungan.

nah... lalu apa yang harus di lakukan ?

dengan menyadari peranan penting konten dalam SEO,maka sudah pasti setekah membaca artikel ini anda akan fokus ke pembuatan konten dan penerbitan konten.
dan hati hati pada masalah tersebut !!! itu bisa menjadi kesalahan besar .........

perlu di ketahui tidak semua konten itu baik untuk SEO, kalau di buat secara asal asalan, tidak aka menghasilkan apapun.
dan karena itu mari kita perhatikan aturan bermainya :

1. selalu utamakan kualitas konten 

tidak ada orang yang ingin membaca konten yang kualitasnya rendah,google pun tidak mau manaruh konten yang kualitasnya rendah di posisi atas.
(kecuali tidak konten lain sama sekali)

jadi jangan membuat konten yang kualitasnya rendah,semkain banyak konten yang kualitasnya rendah di website anda, maka akan semakin rendah kualitas website anda secara keseluruhan.

2.kuantitas konten yang tidak terlalu penting

kuantitas hampir selalu berbanding terbalik dengan kualitas.kecuali anda memeliki banyak penulis profesional.semakin sering anda menerbitkan konten,maka semakin sulit anda mempertahankan kualitas.

iya... konten memang penting.....

tapi jangan sekali kali anda membuat konten karena anda ingin mempunyai konten.
perlu anda pastikan terlebih dahulu, konten anda tidak sering di bahas di website website ainya lainya  dan pastikan konten anda mempunyai nilai lebih tinggi.

3.google merangking halaman bukan website 

merekat idak peduli anda mempunyai website 1000 halaman atau hanya satu saja. karena yang mendapatkan posisi terbaik adalah konten yang terbaik pula, dan buka website halaman yang banyak.
karena di sisni jumlah halaman tidak di pedulikan.

selain itu,apabila anda punya banyak halaman yang mengincar keyword tertentu, maka artinya anda juga akan bersaing sendiri... tetapi umumnya google hanya menampilkan 1 halaman dari banyak halaman website.


jadi kesimpulanya , lebih baik membuat 1 konten tapi kualitasnya setinggi mungkin dari pada membuat 2 konten tapi kualitasnya tidak bagus.

4.konten berkualitas saja belum cukup

meskipun konten memegang peranan terbesar, tapi google itu adalah robot.
google bisa menentukana apakah artikel relevan dengan apa yang di inginkan tapi mereka tidak bisa langsung membaca artikel untuk mementukan kualitasnya .

karena itu mereka membutuhkna faktor luar.
yaiu kepuasan pembaca
dengan menyadari ini, maka yang harusnya anda lakukan setelah menerbitkan konten adalah memberitahukan kebaeradaan tersebut dengan orang lain.

5.penggunaan keyword

content marketer sering kali lupa dengan yang namanya keyword
padahal keyword memegang peranan penting dalam SEO, penggunaan kata kunci suatu konten bisa merubah  konten menjadi pedang tumpul, atau pedang bermata dua.

maka dari itu saat ini saya akan menjelaskan 4 kesalahan dalam penggunaan keyword

-keyword stuffing : menggunakan kata kunci yang sama secara berulang ulang dalam satu halaman
 harapanya supaya google menganggap konten ini relevan dengan kata kunci padahal berakibat fatal.

-keyword umum : mengincar suatu kata kunci terlalu umum atau luas tanpa peduli dengan search intent atau tujuan pencarian.

-tanpa keyword : jika anda telah mempublikasikan banyak konten . anda merasakan bahwa konten yang mengincar suatu keyword tertentu secara tepat akan mendapatkan volume pengunjung yang lebih besar daripada yang tidak mengincar sama sekali.

-persaingan internal : 1 website umumnya hanya muncul sekali di satu halaman hasil pencarian.
kalau lebih dari satu konten anda mengincar keyword utama yang sama, maka anda akan terjadi pesaingan internal halaman . karena itumaka lakukanlah diversifikasi keyword setiap halaman.

pengecualian : memahami search intent 

tidak untuk semua kata kunci penacaria google akam me ranking konten seperti artikel,video,ataupun foto.

ada pengecualianya :

sebagai contoh seperti ini, seorang pengguna melakukan penacarian denga kata kunci "beli laptop"
kira kira apa hasil yang mereka harapkan ???

-Artikel tentang cara beli laptop

-video tentang cara beli laptop

-toko online yang menjual laptop

dan pasti hasil yang di berikan oleh mesin pencari adalah yang ketiga

google dan mesin pencari lainpun meneyadari hal ini. karena itu untuk kata kunci "beli laptop "
sangat musatahil anda bisa mendapatkan rangking yang bagus dengan artikel.
jadi...anda harus pahami apa maksud dari keyword tersebut.

apabila pencari menginginkan konten maka google akan memberikan konten, tapi kalau mereka ingin membeli produk, maka halaman penjualan prdouk lah yang akan di utamakan.

nah kita sudah sampai di penghunjung artikel
maka, jika menurut teman teman artikel ini bermanfaat bagikan sebanyak banyaknya agar tidak berhenti di sini saja . TERIMA KASIH.
MAS GARENG Blog tentang segala informasi bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Content marketing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel