Rahasia optimasi Off-page SEO
Jika kemaren kita membahas rahasia optimasi On-page SEO,
sekarang kita aka membahas yang namanya 0ff-page SEO.
Off-page SEO adalah usaha usaha optimasi mesin pencari di luar website.mengoptimasi dalam website,atau On-page SEO saj sering kali tidak cukup untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di hasil pencarian.terutama untuk website yang belum punya audience,kecual jika persaingan kata kuncinya cukup rendah.
Mengapa backlink itu sangatlah penting
untuk memahami Off-page SEO, saya akan menjelaskan sedikit mengenai hubungan antara search engine dan link.
mesin pencari seperti google memiliki sebuah bot yang bertugas melakukan crawling di internet.crawler milik google namanya adalah googleboot.
googleboot bergerak dari website ke website melalui website yang tercantum di setiap halaman website.Dari data data yang di kumpulkan oleh googleboot,disusunlah index dan urutan tingkat website.
karena googleboot menggunkan link sebagai navigasinya.website yang memiliki link dari luar akan mendapat prioritas yang tinggi.
semakin banyak dan semakin tinggi kualitas linknya,maka akan semakin baik peringkat website tersebut.
inilah mengapa link dari website lain atau yang sering disebut (backlink) memegang peranan penting dalam SEO.
Strategi link building yang salah
Off-page SEO memilki sisi gelap di dalamnya.
Ada orang orang yang ingin menaikan rangking websitenya tetapi terlalu malas untuk membuat konten yang berkualitas dan melakukan pemasaran,sebaliknya mereka hanya mengandalkan link building.
link building adalah penunjang konten website,tanpa memilki konten yang baik, sebaiknya anda jangan melakukan link building
karea selain percuma, hasilnya berupa hukuman dari google.
Proses link building yang baik selalu berhubunngan dengan pemasaran dan content marketing. buka melalui spamming dan menggunakan bot atau software otomatisasi.
ada beberapa bentuk backlink yang tidak di sukai oleh mesin pencari karena sering di salah gunakan
berikut ini beberapa di antaranya :
bertukar link : cara yang amat populer di era pertengahan sampai akhir tahun 2000-an,bertukar link sacra langsung tidak memberikan manfaat positif lagi.
membeli link menggunakan jasa backlink :membeli link atau menggunakan jasa backlink memang memberikan peringkat dengan cepat tapi biasanya tidak akan bertahan lama.karena anda akan terkena hukuman dari google.
komentar di blog dan forum : link yang anda dapatkan dari komentar di blog tidak memberikan manfaat yang besar,begitu pula dengan forum. tetapi keduanya sering menjadi lahan spam.
auto-approve link : segala bentuk link yang tidak melalui moderasi pemilik website. Artinya link tersebut langsung muncul
ketika anda memeasukkan alamat website anda.
menggunakan software boot : ada beberapa software/tool yang bisa di gunakan untuk mendapatkan link secara otomatis,tetapi link yang anda dapatkan berkualitas rendah dan justru bisa merusak website.
private blog network : artinya sekumpulan blog yang di miliki satu orang yang hanya di fungsikan sebagai ladang baclink ke website utama mereka. google secara aktif menghukum jaringan seperti ini.
spam : dalam bentuk apapun, teknik spamming tidak akan memberikan manfaat positif bagi anda
link yang di dapatkan dengan cara cara di atas biasanya berkuaitas rendah. hasil maksimum yang bisa anda dapatkan adalah peringkat tinggi dalam jangka pendek, kemudian dikenai penalti oleh google.
karena itu lebih baik menghindari teknik seperti ini.
sama halnya dengan On-page SEO,kualitas sangat berpengaruh . bahkan Off-page SEO lebih sensitif terhadap kualitas.
maksudnya seperti ini.
walaupun anda memiliki website dan konten yang baik, kalau anda melakukan optimasi off-page yang melanggar seperti teknik di atas maka anda tidak akan terhindar dari hukuman.
karena pentingnya link building ,maka panduan lebih lanjut untuk mendapatkan link yang berkualitas akan di bahas di artikel laniya.
Hubungan antara konten dan backlink
konten = on-page, backlink =off-page .
emang ada hubungan antara konten dan backlink ?
jawabanya sangat ada
ini dia kutipan dari Bing
"if the value that you have worked so hard to instill in your site is evident to them, they will assist they own custumers by linking back to your site. That ,my friend,is the essence of link building"
kira kira artinya seperti ini :
jika website anda memang memiliki value (nilai) dan value ini terlihat oleh orang lain,maka mereka dengan senang hati,memberikan link kepada anda ,inilah esensi dari link building.
untuk memberikan value, maka anda harus memiliki konten yang berkualitas. untuk memeperlihatkan value ini kepada orang lain, anda harus melakukan pemasaran konten.
jadi...... konten marketing adalah sumber backlink utama bagi anda.
Social media dan off-page SEO
efek social media terhadap SEO merupakan perdebatan yang belum ada akhirnya.
sebgian orang itu sangat berpengaruh,sebagian lagi bilag hanya google plus yang berpengaruh,sisanya bilang sama sekali tidak berpengaruh.
jadi... sebenarnya pentingkah social media marketing ???
jawabnya "penting"
Meskipun tidak ada hubungan dengan SEO. social media adalah salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan website anda kepada orang banyak.
seperti yang di bahas tadi, selain memilki konten yang berkualitas anda juga harus memperlihatkan konten anda kepada orang lain. maka dari itu social media merupakan tempa yang tepat untuk ini.
ketik orang lain melihat konten anda,dan tertarik mereka bisa jadi akan kembali merekomendasikan anda kepada orang lain dengan share,like dan sebagainya.
inilah mengapa anda harus aktif di social media untuk memasarkan website anda.
Faktor ranking off-page SEO
off-page SEO adalah permainan popularitas website. dalama menentukan popularitas suatu website, google menggunakan berbagai faktor.
kita sudah tahu bahwa backlink adalah faktor yang utama dalam off-page SEO. tapi tidak sembarang backlink yang memberikan dampak positif.
berikut ini merupakan faktor penentu rangking dari luar website :
1.Kualitas backlink
backlink yang berkualitas memberikan pengaruh yang jauh lebih kuat daripada yang tidak berkualitas.Tapi apa yang menetukan kualitas backlink ?
-Reputasi website
-keaktifan website
-Kesamaan topik
-penempatan backlink dalam website
-Dofollow & nofollow
-kesamaan bahasa
-umur backlink
2.Anchor text dalam backlink
Anchor text yang di gunakan dalam link di baca oleh mesin pencari sebagai kata kunci. website mendapatkna poin ekstra dalam text yang di gunakan sebgai anchor.
namun.. demikian pengguna anchor yang sama berulang ulang tidak akan memberikan dampak positif lagi.
perlu anda ketahui jika dalam satu halaman tedapat 2 link menuju website anda dan keduanya memiliki anchor yang berbeda , maka google menggunakan anchor yang pertama
3.jumlah dalam backlink
semakin banyak backlink yang anda dapatkan, semakin baik.
tapi tidak hanya itu.
kuantitas itu harus sejalan dengan kuantitas,jika anda hanya mendapatkan backlink dari website yang tidak memiliki reputasi,ini tidak terhitung sebagai faktor positif.
4.keragaman backlink
ada beberapa jenis backlink,salah satunya yang disebutkan tadi yaitu contextual link.selain itu masih banyak lagi seperti blog,widget,comment,profile,bio dan lain sebagainya
terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink tidak memngaruhi atau memebrikan efek yang optimal,secara logika.... kalau kita mendapatkan backlink secara alami maka jenis backlink akan beragam. inilah mengapa mesin menggunakan keragaman sebagai faktor.
5.reputasi sosial
google bisa memahami sentimen dalam setiap komentar. Artinya setiap kali website anda muncul komentar negatif dari orang lain itu akan berdampak buruk
demikian juga sebaliknya dengan sentimen positif akan berdampak positif.
6.Aktivitas sosial
Website yang aktif dalam website sosial seperti sosial media dan jejaring sosial berarti populer.
Aktifitas sosial suatau website salah satunya dengan alat ukur berupa jumlah share ke jejaring sosial
tapi... ingat lagi dengan sentimen positif dan negatif.
7.Faktor personal pengguna
sejak google mempernalkan personalized seacrh ,hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk masing massing akun google.
ini dipengaruhi dengan berbagai faktor :
-pernah tidaknya pengguna mengunjungi suatu website
-Tingkat kepuasaan pengguna keoada suatu website
-Negara dan bahasa
-Apakah suatu website pernah di share oleh temanya
perlu anda ketahui bahwa mesin pencari tidak mengeluarkan daftar resmi faktor yang berpengaruh terhadap peringkat , karena itu faktor faktor di atas di dapatkan secara empiris.
nah.... jika temen temen merasa artikel ini bermanfaat maka, share sebanyak banyak agar ilmu ini tidak berhenti di sini saja. TERIMA KASIH.....
baca juga :
- Pentingnya SEO pada websitenya
-Rahasia optimasi On-page SEO
-Konsep AIDA dalam digital marketing
-Cara meningkatkan persepsi produk dengan kata kata
-Cara ampuh agar calon pelanggan cepat transfer
maksudnya seperti ini.
walaupun anda memiliki website dan konten yang baik, kalau anda melakukan optimasi off-page yang melanggar seperti teknik di atas maka anda tidak akan terhindar dari hukuman.
karena pentingnya link building ,maka panduan lebih lanjut untuk mendapatkan link yang berkualitas akan di bahas di artikel laniya.
Hubungan antara konten dan backlink
konten = on-page, backlink =off-page .
emang ada hubungan antara konten dan backlink ?
jawabanya sangat ada
ini dia kutipan dari Bing
"if the value that you have worked so hard to instill in your site is evident to them, they will assist they own custumers by linking back to your site. That ,my friend,is the essence of link building"
kira kira artinya seperti ini :
jika website anda memang memiliki value (nilai) dan value ini terlihat oleh orang lain,maka mereka dengan senang hati,memberikan link kepada anda ,inilah esensi dari link building.
untuk memberikan value, maka anda harus memiliki konten yang berkualitas. untuk memeperlihatkan value ini kepada orang lain, anda harus melakukan pemasaran konten.
jadi...... konten marketing adalah sumber backlink utama bagi anda.
Social media dan off-page SEO
efek social media terhadap SEO merupakan perdebatan yang belum ada akhirnya.
sebgian orang itu sangat berpengaruh,sebagian lagi bilag hanya google plus yang berpengaruh,sisanya bilang sama sekali tidak berpengaruh.
jadi... sebenarnya pentingkah social media marketing ???
jawabnya "penting"
Meskipun tidak ada hubungan dengan SEO. social media adalah salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan website anda kepada orang banyak.
seperti yang di bahas tadi, selain memilki konten yang berkualitas anda juga harus memperlihatkan konten anda kepada orang lain. maka dari itu social media merupakan tempa yang tepat untuk ini.
ketik orang lain melihat konten anda,dan tertarik mereka bisa jadi akan kembali merekomendasikan anda kepada orang lain dengan share,like dan sebagainya.
inilah mengapa anda harus aktif di social media untuk memasarkan website anda.
Faktor ranking off-page SEO
off-page SEO adalah permainan popularitas website. dalama menentukan popularitas suatu website, google menggunakan berbagai faktor.
kita sudah tahu bahwa backlink adalah faktor yang utama dalam off-page SEO. tapi tidak sembarang backlink yang memberikan dampak positif.
berikut ini merupakan faktor penentu rangking dari luar website :
1.Kualitas backlink
backlink yang berkualitas memberikan pengaruh yang jauh lebih kuat daripada yang tidak berkualitas.Tapi apa yang menetukan kualitas backlink ?
-Reputasi website
-keaktifan website
-Kesamaan topik
-penempatan backlink dalam website
-Dofollow & nofollow
-kesamaan bahasa
-umur backlink
2.Anchor text dalam backlink
Anchor text yang di gunakan dalam link di baca oleh mesin pencari sebagai kata kunci. website mendapatkna poin ekstra dalam text yang di gunakan sebgai anchor.
namun.. demikian pengguna anchor yang sama berulang ulang tidak akan memberikan dampak positif lagi.
perlu anda ketahui jika dalam satu halaman tedapat 2 link menuju website anda dan keduanya memiliki anchor yang berbeda , maka google menggunakan anchor yang pertama
3.jumlah dalam backlink
semakin banyak backlink yang anda dapatkan, semakin baik.
tapi tidak hanya itu.
kuantitas itu harus sejalan dengan kuantitas,jika anda hanya mendapatkan backlink dari website yang tidak memiliki reputasi,ini tidak terhitung sebagai faktor positif.
4.keragaman backlink
ada beberapa jenis backlink,salah satunya yang disebutkan tadi yaitu contextual link.selain itu masih banyak lagi seperti blog,widget,comment,profile,bio dan lain sebagainya
terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink tidak memngaruhi atau memebrikan efek yang optimal,secara logika.... kalau kita mendapatkan backlink secara alami maka jenis backlink akan beragam. inilah mengapa mesin menggunakan keragaman sebagai faktor.
5.reputasi sosial
google bisa memahami sentimen dalam setiap komentar. Artinya setiap kali website anda muncul komentar negatif dari orang lain itu akan berdampak buruk
demikian juga sebaliknya dengan sentimen positif akan berdampak positif.
6.Aktivitas sosial
Website yang aktif dalam website sosial seperti sosial media dan jejaring sosial berarti populer.
Aktifitas sosial suatau website salah satunya dengan alat ukur berupa jumlah share ke jejaring sosial
tapi... ingat lagi dengan sentimen positif dan negatif.
7.Faktor personal pengguna
sejak google mempernalkan personalized seacrh ,hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk masing massing akun google.
ini dipengaruhi dengan berbagai faktor :
-pernah tidaknya pengguna mengunjungi suatu website
-Tingkat kepuasaan pengguna keoada suatu website
-Negara dan bahasa
-Apakah suatu website pernah di share oleh temanya
perlu anda ketahui bahwa mesin pencari tidak mengeluarkan daftar resmi faktor yang berpengaruh terhadap peringkat , karena itu faktor faktor di atas di dapatkan secara empiris.
nah.... jika temen temen merasa artikel ini bermanfaat maka, share sebanyak banyak agar ilmu ini tidak berhenti di sini saja. TERIMA KASIH.....
baca juga :
- Pentingnya SEO pada websitenya
-Rahasia optimasi On-page SEO
-Konsep AIDA dalam digital marketing
-Cara meningkatkan persepsi produk dengan kata kata
-Cara ampuh agar calon pelanggan cepat transfer
Belum ada Komentar untuk " Rahasia optimasi Off-page SEO"
Posting Komentar