Rahasia Optimasi On-page SEO
On-page SEO adalah faktor faktor yang menetukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri
artinya,anda akan melakukan optimasi di dalm website anda sendiri.
optimasi On-page bertujuan agar mesin pencari pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang di cari oleh user. dan benar benar yang memiliki kualitas terbaik.
oleh karena itu kuncinya ada dua : relevan,kualitas
tanpa memenuhi keduanya,mustahil kita untuk bisa mendapatkan peringkat satu di mesin pencari.
dalam artikel ini, kita akan memepeajari di bagian mana mana saja yang dalam website anda harus mnerapkan optimasi On-page serta bagaimana melakukan optimasinya.
Konsep On-page SEO
dalam SEO, konsep optimais On-page adalah hal utama yang perlu anda pahami.
masih ada kategori optimasi lain selain On-page yaitu Off-page yang nanti akan di bahas di artikel lainya,tapi tanpan menerapkan optimasi On-page maka akan percuma anda melakukan optimasi lainya.
inti dari on-page SEO itu sederhana.....
anda akan mengoptimasi websiye anda supaya :
-bermanfaat tinggi bagi pengunjung
-memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi
-pengunjung merasa betah di dalamnya
-mesin pencari mengerti struktur website anda
dan setelah membaca 4 poin di atas,anda mungkin akan bertanya
"Saya kan optimasi untuk mesin pencari,kenapa kok malah fokus ke pengunjung ?"
jawabanya ini :
mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.
bayangkan jika nada mencari sesuatu di google,kemudian masuk ke salah satu website,ternyata isinya tidak memuaskan.
kemungkinan besar setelah sekian detik anda akan klik tombol "back" untuk mencari website lainya. ya kan ?
Karena google ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website anda harus.
memuaskan pengunjung.
inilah rahasianya :
Komponen Halaman Website yang Optimal
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasaan pengguna website.kita akan bahas satu per satu dari setiap kategori berikut :
-konten
-keyword
-judul
-URL
-meta description
-Media gambar
-outbond link
-Internal link
-Social sharing
-Kecepatan website
1.KONTEN BERKUALITAS
kalau anda perhatikan,konten adalah komponen utama dalam halaman website. Artinya, konten memegang peranan tersbesar dalam optimasi On-page.
mustahil mendapatkan peringkat 1 tanpa punya konten berkualitas.
tapi.... apa itu yang namanya konten berkualitas ?
bagi temen temen yang bingung, ini
ciri cirinya konten berkualitas :
-memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung
-lebih menonjol di bandingkan konten lain yang sejenis
-di simak dalam waktu panjang oleh pengunjung
-membangkitkan pearasaan (kagum,terhibur,bahagia,dll)
-menyelesaikan permasalahan pengunjung
itulah 5 kriteria konten berkualitas.
kalau anda ingin mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari dalam durasi yang lama,maka konten anda sebaiknya memenuhi kelima hal itu.
Tanpa terkecuali.
perlu anda ketahui juga kalau google secara terang terangan menyatakan bahwa mereka menentang konten yang :
-kurus,dengan kata lain tidak berbobot.
-tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca
-tidak original (plagiat)
-membuat pembaca frustasi (karena kualitas rendah)
jika konten anda masuk ke dalam salah satu kategori di atas,maka akan sangat sulit mendapatkan peringkat yang tinggi.
dan parahnya itu juga beresiko penalti!!
Google dan mesin pencari lain secara aktif memperbaruhi algoritma-nya. semakin ke depan,mereka akan semakin memahami
kualitas dari sebuah konten.
maka,behati-hatilah dalam menerbitkan konten bagi website anda
2.KEYWORD YANG POPULER DAN TEPAT SASARAN
coba ingat kembali terakhir kali anda menggunakan google.....
anda menulis berbagai kata sebagai keyword-nya.
kemudian google menampilkan hasil yang berkaitan dengan keyword tadi.
semakin relevan dengan keyword,semakin tinggi peringkatnya.
jadi...mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword.
setiap halaman di website anda harus di optimasi paling tidak untuk satu kata kunci.
caranya gimana ????
dengan menyertakan keyword di halaman website anda.
tepatnya di dalam konten,di judul,dan di URL.
dengan demikina mesin pencari dan pengunjug akan lansung memahami apa isi website anda.
dan satu hal lagi........
anda harus memahami apa maksud di balik sebuah keyword.
misalnya seseorang mencari pencarian di google dengan kata kunci
"beli iphone"
kira kira apa maksudnya ?
adakah dia ingin membeli iphone ataukah dia ingin mmeebaca artikel tentang iphone ? hmm.... kayaknya yang awal itu lebih masuk akal deh.
Google juga paham dengan hal ini.
sehingga google akan menapilkan halaman yang menjual iphone.
maka dari itu,mustahip bisa mendapatkan peringkat tinggi apabila anda menyediakan artikel tentang cara membeli iphone.
3.JUDUL HALAMAN YANG MENGUNDANG KLIK
cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar.
misalnya keyword "belajar SEO " maka juduknya mengandung kata "belajar SEO" juga.
tapi.. perlu di ingat !!! itu saja belum cukup ...
yang terpenting pada judul bukanlah optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia.
apabila judul yang anda buat bisa menarik banyak pengunjung,
maka peringkatnya akan naik.
logikanya begini :
misalkan ada dua website yang bersaing di peringkat 1dan 2.
ternyata peringkat dua lebih banyak mendapatkan pengunjung dari pada peringkat ke satu... karena judulnya yang menarik, sehingga banyak yang klik.
Google ingin mengutamakan hasil yang terbaik,maka website di peringkat pertama akan di naikan ke peringkat ke dua.
masuk akal ???
karena judul merupakan elemen halaman yang paling pertama di baca di hasil pencarian,maka dengan mengoptimasi judul
jumlah klik bisa semakin banyak.
4.URL YANG SINGKAT DAN DESKRIPTIF
meskipun pengaruhnya tidak besar, tapi URL yang mengandung keyword dapat mempengaruhi peringkat website anda di hasil pencarian.
berikut contoh URL yang tidak baik untu di gunakan.
panduananim.com/?=94
URL yang bagus selalu relevan deengan apa isi dari halaman tersebut.
contohnya :
halaman tentang "resep bakso"
domain.com/resep-bakso/
halaman produk "macbook pro"
domain.com/laptop/macbook-pro/
buatkah URL yang mendeskripsikan konten dan akan jadi lebih baik lagi menagndung keyword utama.
5.BISA DI SHARE DI SOCIAL MEDIA
saat ini google tidak menganggap jumlah share sebagai faktor penentu peringkat di google, tapi bukan berarti social media itu tidak penting.
social media punya dampak tidak langsung terhadap peringkat website kita.
ini manfaat dari social media share :
-tambahan pengunjung
-branding dan website anda di kenal
-faktor kepuasan bertambah tinggi(jika website anda dapat memuaskan pengunjung yang datang ke website anda
-beberapa pengunjung akan memberikan backlink( dibahas lebih lanjut di artikel lainya)
di bandingkan SEO social media share dapat membangun brand website anda dengan lebih cepat.
inilah yang mempunyai efek terhadap SEO.
ketika website anda sudah di kenal,maka orang orang akan mencari website anda melalui google.
dan karena banyak yang mencari website anda melalui google,
maka website anda akan terliat bagus di mata google.
dan karena itu pasang tombol share di website anda
kemudian gunakan elemen pemicu popularitas untuk membuat konten yang menarik untuk di share.
baca juga :
-cara ampuh peningkat persepi produk dengan kata kata disini
-cara ampuh agar pelanggan cepat transfer disini
-cermat promosi produk disini
oleh karena itu kuncinya ada dua : relevan,kualitas
tanpa memenuhi keduanya,mustahil kita untuk bisa mendapatkan peringkat satu di mesin pencari.
dalam artikel ini, kita akan memepeajari di bagian mana mana saja yang dalam website anda harus mnerapkan optimasi On-page serta bagaimana melakukan optimasinya.
Konsep On-page SEO
dalam SEO, konsep optimais On-page adalah hal utama yang perlu anda pahami.
masih ada kategori optimasi lain selain On-page yaitu Off-page yang nanti akan di bahas di artikel lainya,tapi tanpan menerapkan optimasi On-page maka akan percuma anda melakukan optimasi lainya.
inti dari on-page SEO itu sederhana.....
anda akan mengoptimasi websiye anda supaya :
-bermanfaat tinggi bagi pengunjung
-memudahkan pengunjung dalam melakukan eksplorasi
-pengunjung merasa betah di dalamnya
-mesin pencari mengerti struktur website anda
dan setelah membaca 4 poin di atas,anda mungkin akan bertanya
"Saya kan optimasi untuk mesin pencari,kenapa kok malah fokus ke pengunjung ?"
jawabanya ini :
mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.
bayangkan jika nada mencari sesuatu di google,kemudian masuk ke salah satu website,ternyata isinya tidak memuaskan.
kemungkinan besar setelah sekian detik anda akan klik tombol "back" untuk mencari website lainya. ya kan ?
Karena google ingin menampilkan website-website yang memuaskan pengguna, maka website anda harus.
memuaskan pengunjung.
inilah rahasianya :
Komponen Halaman Website yang Optimal
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasaan pengguna website.kita akan bahas satu per satu dari setiap kategori berikut :
-konten
-keyword
-judul
-URL
-meta description
-Media gambar
-outbond link
-Internal link
-Social sharing
-Kecepatan website
1.KONTEN BERKUALITAS
kalau anda perhatikan,konten adalah komponen utama dalam halaman website. Artinya, konten memegang peranan tersbesar dalam optimasi On-page.
mustahil mendapatkan peringkat 1 tanpa punya konten berkualitas.
tapi.... apa itu yang namanya konten berkualitas ?
bagi temen temen yang bingung, ini
ciri cirinya konten berkualitas :
-memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung
-lebih menonjol di bandingkan konten lain yang sejenis
-di simak dalam waktu panjang oleh pengunjung
-membangkitkan pearasaan (kagum,terhibur,bahagia,dll)
-menyelesaikan permasalahan pengunjung
itulah 5 kriteria konten berkualitas.
kalau anda ingin mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari dalam durasi yang lama,maka konten anda sebaiknya memenuhi kelima hal itu.
Tanpa terkecuali.
perlu anda ketahui juga kalau google secara terang terangan menyatakan bahwa mereka menentang konten yang :
-kurus,dengan kata lain tidak berbobot.
-tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca
-tidak original (plagiat)
-membuat pembaca frustasi (karena kualitas rendah)
jika konten anda masuk ke dalam salah satu kategori di atas,maka akan sangat sulit mendapatkan peringkat yang tinggi.
dan parahnya itu juga beresiko penalti!!
Google dan mesin pencari lain secara aktif memperbaruhi algoritma-nya. semakin ke depan,mereka akan semakin memahami
kualitas dari sebuah konten.
maka,behati-hatilah dalam menerbitkan konten bagi website anda
2.KEYWORD YANG POPULER DAN TEPAT SASARAN
coba ingat kembali terakhir kali anda menggunakan google.....
anda menulis berbagai kata sebagai keyword-nya.
kemudian google menampilkan hasil yang berkaitan dengan keyword tadi.
semakin relevan dengan keyword,semakin tinggi peringkatnya.
jadi...mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword.
setiap halaman di website anda harus di optimasi paling tidak untuk satu kata kunci.
caranya gimana ????
dengan menyertakan keyword di halaman website anda.
tepatnya di dalam konten,di judul,dan di URL.
dengan demikina mesin pencari dan pengunjug akan lansung memahami apa isi website anda.
dan satu hal lagi........
anda harus memahami apa maksud di balik sebuah keyword.
misalnya seseorang mencari pencarian di google dengan kata kunci
"beli iphone"
kira kira apa maksudnya ?
adakah dia ingin membeli iphone ataukah dia ingin mmeebaca artikel tentang iphone ? hmm.... kayaknya yang awal itu lebih masuk akal deh.
Google juga paham dengan hal ini.
sehingga google akan menapilkan halaman yang menjual iphone.
maka dari itu,mustahip bisa mendapatkan peringkat tinggi apabila anda menyediakan artikel tentang cara membeli iphone.
3.JUDUL HALAMAN YANG MENGUNDANG KLIK
cara termudah untuk mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan keyword utama yang anda incar.
misalnya keyword "belajar SEO " maka juduknya mengandung kata "belajar SEO" juga.
tapi.. perlu di ingat !!! itu saja belum cukup ...
yang terpenting pada judul bukanlah optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia.
apabila judul yang anda buat bisa menarik banyak pengunjung,
maka peringkatnya akan naik.
logikanya begini :
misalkan ada dua website yang bersaing di peringkat 1dan 2.
ternyata peringkat dua lebih banyak mendapatkan pengunjung dari pada peringkat ke satu... karena judulnya yang menarik, sehingga banyak yang klik.
Google ingin mengutamakan hasil yang terbaik,maka website di peringkat pertama akan di naikan ke peringkat ke dua.
masuk akal ???
karena judul merupakan elemen halaman yang paling pertama di baca di hasil pencarian,maka dengan mengoptimasi judul
jumlah klik bisa semakin banyak.
4.URL YANG SINGKAT DAN DESKRIPTIF
meskipun pengaruhnya tidak besar, tapi URL yang mengandung keyword dapat mempengaruhi peringkat website anda di hasil pencarian.
berikut contoh URL yang tidak baik untu di gunakan.
panduananim.com/?=94
URL yang bagus selalu relevan deengan apa isi dari halaman tersebut.
contohnya :
halaman tentang "resep bakso"
domain.com/resep-bakso/
halaman produk "macbook pro"
domain.com/laptop/macbook-pro/
buatkah URL yang mendeskripsikan konten dan akan jadi lebih baik lagi menagndung keyword utama.
5.BISA DI SHARE DI SOCIAL MEDIA
saat ini google tidak menganggap jumlah share sebagai faktor penentu peringkat di google, tapi bukan berarti social media itu tidak penting.
social media punya dampak tidak langsung terhadap peringkat website kita.
ini manfaat dari social media share :
-tambahan pengunjung
-branding dan website anda di kenal
-faktor kepuasan bertambah tinggi(jika website anda dapat memuaskan pengunjung yang datang ke website anda
-beberapa pengunjung akan memberikan backlink( dibahas lebih lanjut di artikel lainya)
di bandingkan SEO social media share dapat membangun brand website anda dengan lebih cepat.
inilah yang mempunyai efek terhadap SEO.
ketika website anda sudah di kenal,maka orang orang akan mencari website anda melalui google.
dan karena banyak yang mencari website anda melalui google,
maka website anda akan terliat bagus di mata google.
dan karena itu pasang tombol share di website anda
kemudian gunakan elemen pemicu popularitas untuk membuat konten yang menarik untuk di share.
baca juga :
-cara ampuh peningkat persepi produk dengan kata kata disini
-cara ampuh agar pelanggan cepat transfer disini
-cermat promosi produk disini
Belum ada Komentar untuk " Rahasia Optimasi On-page SEO"
Posting Komentar